Thursday, October 16, 2008
Kejahatan Cyber Makin Marak

Kejahatan cyber semakin menggila. Mata-mata komputer serta pencurian data personal di internet telah menunjukkan peningkatan dalam setahun belakangan, dengan kerugian yang dialami sedikitnya 10 juta dolar Amerika Serikat (AS).

"Dalam satu tahun ini, aktivitas kejahatan cyber menjadi umum, bahkan ancamannya terus meningkat," ujar Shawn Henry, Asisten Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI) seperti dikutip detikINET dari Reuters, Kamis (16/10/2008).

Dijelaskan Henry, yang paling umum adalah dengan botnet, yaitu sebuah program jahat yang menyebarkan virus, yang tanpa disadari akan mempengaruhi komputer atau jaringan dan kemudian digunakan untuk mencuri data atau mematikan seluruh sistem komputer.

Lebih lanjut dikatakan, kejahatan cyber juga semakin ganas. Tak hanya sembarang situs yang ingin dikuasai para penjahat cyber, tapi mereka juga telah mengincar pihak penting seperti World Bank (bank dunia) dan pusat bisnis, Wall Street.

Pihak FBI divisi Cyber juga menemukan peningkatan keluhan keamanan dari pengguna yang luar biasa. Bahkan dikatakan, Internet Crime Complaint Center atau ICCC (pusat keluhan kejahatan internet-red.) yang bekerja sama dengan FBI, menerima sekitar 18.000 hingga 20.000 keluhan setiap bulannya.

Lebih lanjut dijelaskan, ICCC juga telah menerima keluhan lebih dari 1 juta kali dalam satu tahun terakhir.
 
posted by sabham at 5:42 AM | Permalink |


0 Comments: